BAB IV. METODE PENELITIAN

A. Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah penelitian rekayasa atau pengembangan yaitu untuk aplikasi berbasis logika fuzzy pada sistem informasi fuzzy database untuk rekomendasi pembelian laptop menggunakan database fuzzy model Tahani.

B. Variabel Penelitian

Variabel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu viariabel input dan variabel output:

1.Variabel input

    Variabel Input fuzzy terdiri dari variabel harga, processor, harddisk, memory, lcd dan berat.

2.Variabel output

    Hasil output berupa rekomendasi spesifikasi laptop yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang diinginkan oleh customer.

C. Sumber Data

Data penelitian berasal dari toko penjual komputer di Purwokerto dan internet.

D. Waktu, Tempat dan Alat

Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan januari 2012 sampai bulan juni 2012. Perlengkapan penelitian sebagai berikut:

  • Perlengkapan Hardware
    1. 1 Unit Komputer dengan spesifikasi Harddisk 320 GB, RAM 4 GB, Processor intel DUAL CORE dan LCD 14 Inch.
    2. 1 Unit Printer.
  • Perlengkapan Software
    1. DBMS SQL Server Standard Edition.
    2. Microsoft Office 2007 Enterprise Edition.
    3. Operating System Microsoft Windows XP.
    4. d.      Microsoft Visual Studio 2005.

E. Pengumpulan Data dan Sumber Pendukung (literatur)

Metode pengumpulan data dan sumber pendukung dilakukan melalui cara:

  • Studi Pustaka

Studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan literatur yang mendukung penelitian. Literatur diambil dari penelitian sebelumnya maupun dari jurnal ilmiah, baik dalam negeri maupun luar negeri. Litelatur yang dibutuhkan adalah literatur tentang rekomendasi laptop, fuzzy database, dan pemrograman berbasis desktop.

  • Observasi

Observasi dilakukan dengan mendatangi toko penjual komputer di Purwokerto untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian yang meliputi data spesifikasi laptop dan data yang menentukan rekomendasi laptop.

F. Perancangan Sistem

Pada tahap ini dilakukan perancangan sistem yang akan dibangun yang terbagi dalam beberapa tahap yaitu:

1.Perancangan fuzzy database

Pada tahap ini akan dirancang sistem fuzzy yang akan dibangun melalui langkah-langkah berikut :

      a. Menentukan variabel fuzzy

Variabel fuzzy yang akan dibahas dalam sistem fuzzy adalah harga, processor, harddisk, memory, lcd, dan berat.

     b. Menentukan himpunan fuzzy

Himpunan fuzzy ditentukan untuk mengelompokkan data berdasarkan variabel bahasa (linguistik variable) yang dinyatakan dalam fungsi keanggotaan. Berdasarkan variabel fuzzy di atas maka dapat ditentukan himpunan fuzzy untuk masing-masing variabel sebagai berikut:

1)      HARGA : MURAH, SEDANG dan MAHAL.

2)       PROCESSOR : RENDAH, SEDANG dan TINGGI.

3)       HARDDISK : KECIL, SEDANG dan BESAR.

4)       MEMORY : KECIL, SEDANG dan BESAR.

5)       BERAT : RINGAN, SEDANG dan BERAT.

6)       LCD : KECIL, SEDANG dan BESAR.

     c. Menentukan fungsi himpunan

Fungsi himpunan yang akan digunakan adalah kurva penyusutan, kurva pertumbuhan dan kurva beta. Dari himpunanan fuzzy di atas dapat ditentukan untuk masing-masing himpunan sebagai berikut:

1)      Himpunan MURAH, RENDAH, KECIL dan RINGAN masuk dalam fungsi himpunan kurva penyusutan yang digambarkan seperti berikut: (Gambar 8).

Penentuan himpunan pada fungsi kurva penyusutan

Gambar 8.  Penentuan himpunan pada fungsi kurva penyusutan

Pada Gambar 8 dapat dijelaskan bahwa himpunan yang masuk pada kurva penyusutan adalah himpunan MURAH, RENDAH, KECIL DAN RINGAN.

2)      Himpunan SEDANG masuk dalam fungsi himpunan kurva beta yang digambarkan seperti berikut(Gambar 9).

Penentuan himpunan pada fungsi kurva beta

Gambar 9. Penentuan himpunan pada fungsi kurva beta

Pada Gambar 9 dapat dijelaskan bahwa himpunan yang masuk pada kurva beta adalah himpunan SEDANG.

3)      Himpunan MAHAL, TINGGI, BESAR dan BERAT masuk dalam fungsi himpunan kurva pertumbuhan(Gambar 10).

Penentuan himpunan pada fungsi kurva pertumbuhan

Gambar 10. Penentuan himpunan pada fungsi kurva pertumbuhan

Pada Gambar 10 dapat dijelaskan bahwa himpunan yang masuk pada kurva pertumbuhan adalah himpunan MAHAL, TINGGI, BESAR dan BERAT.

  1. Perancangan database

   Langkah-langkah yang akan dilakukan pada tahapan ini:

  1. Memilih DBMS(Database Management System) .
  2. Membuat database dan tabel-tabelnya.
  3. Database yang akan dibuat bernama fuzzydb yang terdiri dari lima tabel yaitu tabel M_laptop, tabel Himpunan, tabel l_merek, tabel l_jenis dan tabel login.
  4. Membuat view untuk menghitung derajat keanggotaan masing-masing himpunan. Pada tahap ini akan dilakukan perhitungan derajat keanggotaan untuk masing masing himpunan. Perhitungan dilakukan melalui query terhadap tabel M_laptop dan tabel Himpunan, dari hasil query tersebut akan disimpan dalam bentuk view.
  5. Perancangan proses

Perancagan proses yang dilakukan adalah mendefinisikan aliran data yang diperlukan oleh sistem. Aliran data didefinisikan sebagai gambaran dari data yang diperlukan oleh proses dan terhubung antara satu proses dengan proses lainnya. Dengan perancangan proses diharapkan lebih mudah dalam memahami sistem yang akan dibangun, yang meliputi proses didalam sistem serta sumber data dan alirannya. Proses yang ada dalam sistem ini secara umum dapat digambarkan melalui Flowchart berikut (Gambar 11).

 

Gambar 11. Flowchart rekomendasi laptop

Pada Gambar 11 di atas dapat dijelaskan proses  rekomendasi laptop yaitu berupa input kriteria berdasarkan variabel fuzzy yang  terbagi menjadi tiga himpunan fuzzy, salah satu sampel variabel fuzzy (variabel HARGA), variabel harga dibagi menjadi tiga himpunan fuzzy yaitu MURAH, SEDANG dan MAHAL. Dari input kriteria tersebut diteruskan pada proses penentuan himpunan fuzzy untuk mengelompokkan data berdasarkan variabel bahasa (linguistik variable) yang dinyatakan dalam fungsi keanggotaan. Pada proses selanjutnya yaitu proses penentuan derajat keanggotaan sebagai salah satu cara untuk menentukan nilai keanggotaan melalui pendekatan fungsi kurva penyusutan, kurva pertumbuhan dan kurva beta, kemudian diteruskan pada proses perhitungan Fire Strength untuk menghitung derajat keanggotaan sehingga akan dihasilkan rekomendasi berupa data laptop yang sesuai.

Proses perhitungan derajat keanggotaan masing-masing himpunan dilakukan menggunakan query terhadap tabel M_laptop dan tabel Himpunan. Proses perhitungan derajat keanggotaan masing-masing himpunan dapat digambarkan dalam Flowchart (Gambar 12).

Gambar 12. Flowchart proses perhitungan derajat keanggotaan masing-masing himpunan

Proses perhitungan derajat keanggotaan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan nilai keanggotaan melalui pendekatan fungsi kurva penyusutan, kurva pertumbuhan dan kurva beta. Proses perhitungan  derajat keanggotaan masing-masing fungsi kurva secara rinci seperti berikut (Gambar 13).

Gambar 13. Flowchart perhitungan derajat keanggotaan masing-masing kurva

  1. Perancagan tampilan aplikasi

Pada tahap ini akan dilakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang akan dibuat (Gambar 14).

Gambar 14. Perancangan tampilan aplikasi

G.     Pengkodean

Pada tahap ini dilakukan pengkodean untuk membangun aplikasi sesuai dengan rancangan sistem. Pengkodean dibagi menjadi dua bagian yaitu :

  1. Pengkodean Query,  yaitu membuat script query untuk menangani proses fuzzyfikasi dan penentuan nilai keanggotaan (µ) untuk masing-masing himpunan.
  2. Pengkodean Interface (Tampilan), yaitu membuat interface aplikasi menggunakan bahasa pemrograman C#.

H.     Implementasi dan Pengujian

Mengimplementasikan sistem hasil penelitian dengan memberi pelatihan kepada admin tentang cara penggunaan sistem yang buat dan dilakukan pengujian terhadap sitem yang telah dibangun dengan menggunakan data laptop yang telah ada.

1 responses to “BAB IV. METODE PENELITIAN

Tinggalkan komentar