BAB I. PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Permasalahan

Perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini membuat kebutuhan masyarakat juga semakin meningkat. Terlebih lagi didorong dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Sebagai contoh, dengan adanya laptop atau notebook yang memudahkan pekerjaan segala kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan resiko kesalahan dapat dikurangi.

Sekarang ini laptop merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat baik untuk pendidikan maupun aktifitas bisnis. Namun, memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran keuangannya bukan hal mudah karena banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Pada pembelian sebuah laptop, seringkali konsumen memiliki pertimbangan dengan kriteria yang sesuai seperti harga, processor, harddisk, memory, lcd dan berat, kriteria tersebut masih memiliki nilai yang pasti, sedangkan pada kehidupan sehari-hari kriteria tersebut sering diungkapkan dengan bahasa yang masih bernilai samar. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode yang dapat mengkonversi bahasa pasti tersebut ke dalam bahasa alami (sehari-hari). Melalui sistem berbasis fuzzy masalah tersebut bisa diselesaikan. Oleh sebab itu pada penelitian ini dibahas Penerapan Fuzzy Database Untuk Rekomendasi Pembelian Laptop dengan menggunakan fuzzy model Tahani.

Fuzzy database merupakan Fuzzy Query Database. Artinya, suatu query yang memiliki variabel yang bernilai fuzzy. Untuk mendapatkan informasi tentang kriteria laptop maka dibutuhkan kriteria laptop seperti harddisk, processor, berat, lcd, memory dan harga.  Fuzzy database dapat mempermudah konsumen dalam proses pencarian laptop berdasarkan kriteria yang mudah dimengerti dengan bahasa sehari-hari seperti harga murah, harddisk sedang dan processor tinggi.

B.      Rumusan Permasalahan

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana merancang dan membangun basis data fuzzy untuk merekomendasikan pembelian laptop yang sesuai dengan spesifikasi dan keinginan konsumen.
  2. Bagaimana penerapan metode basis data fuzzy dalam pemilihan laptop yang sesuai dengan keinginan konsumen.

C.      Batasan Permasalahan

Agar pembahasan penelitian ini tidak menyimpang dari apa yang telah dirumuskan, maka diperlukan batasan-batasan. Batasan-batasan dalam penelitian ini adalah:

  1. Kriteria yang menjadi variabel utuk rekomendasi laptop adalah HARDDISK, PROCESSOR, BERAT, LCD, MEMORY dan HARGA.
  2. Fungsi keanggotaan yang digunakan adalah kurva penyusutan, kurva pertumbuhan dan kurva beta.

1 responses to “BAB I. PENDAHULUAN

Tinggalkan komentar